Bule

hallo..

g bule.. anggota A.K.. hehe.. klo l udh menjelajah blog ini , l bkl mengenal  sebagai tokoh yg baeq.. diibaratkan sebagai GPS , org yg sangat hoki.. haha.. dan juga tentu saja sebagai orang yg sangat gemar tertawa.. haha.. itu semua adalah pendapat teman2 anggota A.K yg lain (bkn mksd utk memuji diri sendiri.)

base on Rheza’s story , i will tell you my opinion ab.out what does this group has did in our activeties… i will gave you some references about restaurant , cafe , our in Indonesia we usually call “kaki lima”.. haha..

dari cerita2 lain di blog ini , saya ingin menyimpulkan bahwa apa yg dilihat orang dari sebuah resto??

  • suasana tempat , penataan ruang , lokasi suatu restoran.
  • pelayanan
  • rasa
  • harga

menurut saya , kebanyakan orang melihat sebuah resto dari 4 poin diatas.. dan kebanyakan restoran tdk mementingkan ke 4 aspek tsb.. bukan saya meremehkan setiap vendor resto di indonesia ato di dunia.. tapi karena memang sangat sulit untuk dapat memenuhi ke-4 aspek tsb.. dan dalam pemikiran saya , adalah mustahil untuk dapat menjadi sebuah resto yg sempurna.. mengapa?? ini karena :

  • secara teori , selama saya hidup saya banyak dan selalu mendengar bahwa di dunia itu tidak ada yg sempurna kecuali Tuhan.. itu alasan yg tdk berhubungan langsung dengan topik tetapi masih dapat dijadikan suatu alasan. ^^
  • ok.. jika menurut semua orang di dunia resto yg sempurna hanya terdiri dari 2 aspek yaitu rasa dan pelayanan.. maka saya akan memberi anda pertanyaan..  jika anda mempunyai pilihan lebih mementingkan rasa atau pelayanan?? jika anda menjawab salah satu berarti anda sudah membuat bahwa anda akan membuat sebuah resto yg mempunyai rasa yg baik ATAU pelayanan yg baik.. sadarkah anda?? itu berari anda tidak akan mempunyai sebuah restoran yg sempurna.. tapi tentu sekarang anda bertanya “bule , bagaimana jika saya bisa memiliki keduanya yaitu aspek rasa dan pelayanan??” baik , saya akan menjawab pertanyaan anda menurut pendapat saya yaitu saya akan meminta anda untuk berpikir kembali.. dan saya akan berargumen bahwa misalkan anda mempunyai sebuah resto dan anda memiki dana yg terbatas maka anda akan menyewa seorang cheff yg hebat sangat rapi , teliti tetapi menghasilkan masakan yg sempurna.. tentu itu akan baik , tetapi ingat apa yg anda korbankan?? yaitu ia memakan waktu pembuatan yg lebih lama.. saya tidak menyangkal bahwa setiap cheff semakin lama semakin terbisa dan jika ia sudah terbiasa untuk melakukkan sesuatu , maka ia akan melakkukannya dengan cepat tetapi saya kira ia tidak bisa merubah kebiasaannya itu 100%.. selain itu dengan modal yg terbatas anda tidak mungkin untuk membuat sebuah resto yg benar2 sempurna karena keterbatasan modal..

sekarang akan terus berpikir mengenai jawaban saya dan yg saya tebak akan pikiran anda adalah “bagaimana jika saya memiliki uang yg berlimpah dan saya sanggup membeli semuanya??” maka jawaban saya adalah “hei ini bisnis makanan (resto) bkn bisnis yg bisa jalan dengan lancar karena bermodalkan uang..” mungkin jawaban saya ini membuat anda bertanya2 apa alasan saya menjawab seperti itu.. ya ini sebuah restoran dengan semua komponen yg saling berhubungan di dalamnya.. sangat rumit.. dan ini merupakan aspek yg mungkin terpenting.. yaitu

  • emosi/mental seseorang dalam setiap komponen yg dapat membuat sebuah restoran menjadi sempurna.. diibaratkan anda menyewa koki handal , berpengalaman , dengan hasil2 terbaik dan waktu pembuatan makanan yg cepat maka semua alasan saya diatas akan terllihat benar2 seutuhnya omong kosong.. tetapi saya ingin bertanya kepada anda apakah anda akan menjamin bahwa setiap individu , setiap komponen dalam resto anda akan bekerja secara stabil/statis secara terus menerus?? bahwa seorang koki itu akan selalu menghasilkan semua yg sempurna?? saya pikir suatu saat iaakan jenuh dan mental dan emosinya akan terganggu dan tentu itu akan berpengaruh terhadap hasilnya.. saya kira hal ini merupakan faktor terpenting yang harus anda perhitungkan.. 

jadi menurut kesimpulan saya dan terus akan menjadi hal yg akan saya percaya bahwa tidak ada satupun resto yg sempurna.. mngkin masih banyak alasan yg lain dan mungkin jg saya salah.. itu tidak mentup kemungkinan , saya akui itu.. haha.. terima kasih telah membaca artikel singkat saya ini..

haha.. dalam cerita Rheza ketika saya makan di sari sunda dan kesan pertama saya saat itu adalah “ooh ini resto gawat bgt pelayananny” karena sangat lambat.. tapi setelah anda makan , maka semua kekecewaan itu hilang.. jadi secara tidak langsung yg ada dipikiran saya adalah semua orang memaklumi jika sebuah resto tidak sempurna tetapi bagaimana mereka terlihat sempurna.. maksudnya adalah kesan pertama saya sangat buruk dan mereka telah kehilangan satu aspek untuk menjadi sebuah resto yg sempurna tetapi stelah saya selesai di resto itu adalah sesungguhnya saya merasa sangat puas dan mungkin menganggap mereka adalah resto yg sempurna karena aspek2 lain yg menunjang.. jadi saya berpikir jika ada salah satu dari pembaca yg berpikir sebuah resto hrs sempurna dalam segala hal , bagi saya itu bukan merupakan sebuah keharusan.. hehe..

jika anda memiliki saran atas artikel saya , tolong bagilah sedikit saran anda kepada saya dan kita diskusikan bersama.. ^^

3 Responses to “Bule”

  1. Saya stuju sekali dengan apa yang bule katakan…
    Semuanya memang masuk akal dan tidak bisa dipungkiri…
    Tetapi penggunaan gaya bahasa anda itu seperti memberi argumen kpada presiden…huahuahua…

  2. le lu mah pantesnya nulis surat pembaca

  3. badaqqzz.. Says:

    le, lu t nulis blog apa referensi marto sihh??
    meni hese macana oge!
    hhehehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: